REVIEW : Tantangan #WajahCerah14Jam dari Fair & Lovely


KONDISI KULIT
Perkenalkan, aku si pemilik kulit minyakan-sensitif  sejak 6 tahun yang lalu. Hal ini ngebuat kulit ini kusam, sering jerawatan dan meninggalkan banyak bekas, yang terparah di pipi.
Why? Awalnya karena hormonal. Ya, just about puberty periods. Tapi karna penanganan yang salah dan banyak coba produk-produk yang keras, timbul banyak reaksi di kulit yang menyebabkan sensitif. Sekarang wajah jadi banyak noda hitam bekas jerawat dan jerawat baru yang selalu timbul takkenal waktu. Hal ini diperparah dengan kadar esterogen dalam darah yang tinggi sehingga menimbulkan minyak.  Kadar esterogen dipacu dengan peningkatan produksi insulin dalam metabolisme karbohidrat.
Sudah ngobatin seberapa jauh kak?
Sesungguhnya telah banyak cara ditempuh sesuai perintah guru kera sakti yang telah diterapkan :D
Astria sendiri telah konsultasi ke banyak dokter kulit, namun ku tidak teratur memakai obat dan konsultasi ke dokter, sehingga yang ku dapat cuma kulit yang makin sensitif.

PRODUK
Kemarin saya dapat tantangan untuk coba produk krim pencerah wajah dari Yukcobain.com. Judul tantangannya adalah #WajahCerah14Jam dari Fair & Lovely. Brand nya sudah familiar banget kan? Bagaimana dong review pemakaian dan rekomendasinya? Please, check this out!
Nama produk : Fair & Lovely 2in1 Powder Cream
Produsen         : PT Unilever Indonesia
Deskripsi        : Produk ini merupakan perpaduan manfaat pencerah multivitamin dengan bedak halus.
Kemasan         : 20gr dan 40 gr
  Primer            : tube flipflop (40gr) putar (20gr)
                          Sekunder       : Kardus PAP dilapisi plastik bening
Bentuk            : Cair kental (Krim)
Tekstur            : Lembut dan mudah meresap ke dalam kulit (creamy)
Warna              : Putih
Desain             :   Sangat mengkritisi kehadiran pengulangan statemen “pencerah, bebas kilap 14 jam” di beberapa sisi kardus yang seharusnya dapat digunakan untuk melengkapi cara penggunaan dan penyimpanan produk (sisi bagian samping kardus). Pengulangan statement tersebut menurutku mengganggu dan malah membuat ku sebagai calon konsumen merasa bahwa khasiatnya tidak sebesar itu. Seperti sebuah peribahasa, “air riya tanda tak dalam”.
Namun secara keseluruhan desain yang digunakan menarik dan sesuai dengan karakteristik produk. Berdasarkan ilustrasi kemasan, dapat ku disimpulkan (orang awam :D) bahwa produk merupakan formulasi bahan kimia yang membuat kulit wanita cerah dan bercahaya. Seluruh infomasi yang disajikan cukup lengkap sehingga terdapat kesungguhan produsen dalam keterbukaan dan memberikan edukasi yang cocok bagi smart-buyer, khususnya beauty-enthusiast.
Info penting    : Merek daftar R IDM000227693 BPOM No. NA18170102504

Ada
Tidak
Nama produk
 +

Kadaluwarsa
+

Kode produksi
+

Barcode
+

Komposisi
+

Kegunaan
+

Cara penggunaan
+

Cara simpan

+
Customer services
+


Komposisi       :
Cyclopentasiloxane
Salah satu keunggulan silikon adalah kemampuannya untuk membentuk lapisan yang akan mengunci kelembapan kulit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa lapisan ini pun dapat mengunci kotoran, keringat, sebum, serta sel kulit mati di bawahnya. Hal ini tentu dapat menyebabkan masalah, mulai dari pori-pori yang tersumbat, hingga jerawat. Karenanya, pastikan kulit Anda berada dalam keadaan bersih sebelum menggunakan produk berbahan silikon. Setelahnya pun pastikan Anda membersihkan produk bersilikon dari wajah Anda hingga benar-benar bersih. Hal ini untuk mencegah adanya sisa silikon di atas kulit yang dapat terakumulasi dan menyumbat pori-pori, atau menghalangi proses penyerapan produk skincare Anda berikutnya secara maksimal.
Dimeticon
Dimethicone membantu persebaran produk secara rata dan halus di kulit. Bahan ini juga banyak ada dalam face primer karena fungsinya yang bisa mengisi kerutan dan pori-pori, membantu kulit menjadi kanvas yang halus sebelum makeup. Sedangkan dalam skincare, dimethicone juga membantu produk menyerap tanpa meninggalkan residu, dan menjaga ingredients di dalamnya agar tetap utuh. Dimethicone juga bisa digunakan untuk melembutkan kulit kering yang mengelupas dan iritasi. Tahu Monistat Chafing Relief Powder Gel, kan? Gel anti-iritasi ini banyak digunakan sebagai face primer karena mengandung 1,2% dimethicone di dalamnya.
Garam Dimethicone diindikasikan untuk perawatan Sementara melindungi dan menghilangkan kulit pecah-pecah atau retak dan kondisi lainnya. Pemakaian berlebih menimbulkan efek samping berupa kemerahan dan pembengkakan.
(https://www.tabletwise.com/medicine-id/dimethicone/side-effects)
Stearic acid
adalah asam lemak jenuh yang memiliki kegunaan untuk mencegah oksidasi suatu produk, membuat mudah dibilas, memberi putih mutiara, membuat kosmetik melekat dalam waktu lama, dan mengeraskan tekstur. Efek samping telalu banyak menggunakan stearic acid dapat timbul toksisitas organ dan iritasi kulit.
Titanium dioxide
Mineral yang satu ini biasa digunakan dalam produk tabir surya, karena memang merupakan bahan tabir surya alami. Mineral ini juga membantu memberikan efek wajah yang lebih bersinar karena daya pantul cahayanya lebih tinggi dibanding berlian. Mineral ini juga membantu menyamarkan noda di kulit dan dapat menyejukkan kulit yang teriritasi. Formula mineral umumnya termasuk jenis anorganik, yaitu elemen tak hidup. Itulah sebabnya kosmetik mineral tak akan merangsang perkembangan bakteri. Kosmetik mineral juga bebas minyak, sehingga tak menyebabkan penyumbatan pori dan menimbulkan alergi. Dilihat dari kandungannya yang tanpa pengawet atau bahan kimiawi lainnya, kosmetik mineral cenderung cocok dan tak menyebabkan masalah untuk semua jenis kulit, termasuk yang sensitif atau sedang berjerawat sekalipun. Namun, perhatikan untuk Anda dengan kulit berminyak. Jika tidak diaplikasikan dengan benar, formulanya akan menggumpal dan menjadikannya cakey di beberapa tempat. Kosmetik mineral (terutama yang terbuat dari 100% bahan mineral) umumnya tidak memiliki elemen pengikat kimiawi yang membuatnya menempel erat pada kulit. Ini sebabnya kosmetik mineral tak bisa bertahan lama dan Anda bisa jadi perlu touch up beberapa kali.
Produk ini menggunakan(MULTIVITAMIN) Niacinamide
merupakan vitamin B3 yang sangat larut air. Baik untuk kulit berjerawat dan sangat menutrisi untuk menjaga tekstur kulit. Disarankan untuk tidak memakai nya bersamaan dengan AHA atau vitamin C (exfoliant) untuk menghindari iritasi akibat formulasi kedua jenis bahan.
Glycerin
Terdapat 2 jenis, yang dari tanaman dan dari hewan, bisa juga alami dan bisa gliserin sintetis. Selalu pastikan gliserin diproduk Anda adalah yang dari tanaman. Karena gliserin yang berasal dari hewan atau sintetis bisa menyebabkan berbagai macam efek samping seperti iritasi. Collagen yang terkandung dalam gliserin yang berasal dari hewan bisa menyebabkan kulit susah bernafas dan meregenerasi sel secara alami. Gliserin dari hewan juga memiliki hormon dari ternak yang biasanya penuh dengan suntikan hormon pertumbuhan, antibiotik dll, yang akhirnya akan kita serap juga lewat gliserin dari hewan yang terkandung pada produk.
Isohexadecane
Aluminium Starch Octenylsuccinate
Ethylhexyl Methoxycinnamate
dll.
Klaim              : Wajah terlihat lebih halus seperti menggunakan bedak dengan hasil matte finish, cerah seketika + 14 jam tampak cerah, tanpa kilap/ tampak bebas minyak.
Cara pakai       : Jadi untuk petunjuk yang tertera dikemasan adalah gunakan powder cream seujung jari di area kulit wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Ratakan dengan lembut menggunakan jari
Cara pakai (versi gueh) : Hanya ku pakai pagi hari dong. Stepnya, cuci mukaร tonerร Fair & 2 in 1 Lovely Powder Creamร  (kalau berkendara) +sunscreen.
Dan ku coba pakai di tangan, hasilnya sangat ku suka. Stepnya, handbodyร  Fair & 2 in 1 Lovely Powder Cream
Harga              : -/+ Rp32.000
Rate                 : 4,2/5
Hasil                :
Wajah terlihat lebih halus seperti menggunakan bedak dengan hasil matte finish, hasil yang ku dapat seketika setelah cream meresap ke dalam kulit. Seperti menggunakan bedak. Awal pemakaian seperti white case, namun berangsur menyesuaikan warna kulit beberapa menit kemudian.
cerah seketika + 14 jam tampak cerah, hasil ini ku dapat secara berangsur juga. Cerah seketika juga tidak instant sehingga lebih terlihat normal digunakan. Tidak membuat orang yang melihat bertanya, “kok kamu pucet banget?” atau “kok kamu putih banget sih?”. 14 jam tampak cerahnya di aku cuma sampai jam ke sepuluh, maximal. Why? Maybe karena sering tergerus air waktu dipakai wudhu.
tanpa kilap/ tampak bebas minyak. Kalau yang ini aku suka banget karena oil controlnya bagus. Bukan kering hasil yang di dapat, namun lebih ke lembab saja. Bukan berarti oil-free yang bikin drying, tapi tidak menghilangkan beberapa lapis minyak alami kulit yang bikin terlihat sehat. Pernah suatu hari, ku berkeringat dong, setelah keringat hilang, minyak juga tidak langsung kembali untuk memenuhi muka seperti tahun-tahun ku sebelumnya J


TESTIMONIAL
Foto before/after

kesan :
Sebenarnya agak takut di awal karena melihat list ingredients nya banyak banget bahan yang di “cap” masyarakat sebagai dangerous poison for skin alias terlalu horor buat kulit. Tapi karna ku pikir menggunakannya hanya seujung jari untuk seluruh wajah dan sekali sehari, ku fikir itu akan normal. Dan walaaaaaa ternyata hasilnya juga tidak mengecewakan. Beberapa teman sempat mencobanya, namun kesan yang mereka dapat adalah buruk. Ku pikir itu karena mereka menggunakan terlalu banyak dan terlalu sering. Sedangkan, kandungan fair & lovely sangat rentan membuat iritasi  apabila digunakan secara berlebihan. Sebagai primer, cream ini cukup membuat make up lebih tahan lama. Bikin ngeri karna seujung hari perhari pasti hemat sekali, ditambah hasilnya yang matte di kulit! Cerita lengkap versi pemakaian di kulit aku? Check this out!
HARI 1
Awal kali ku pakai rasanya seperti memakai bedak. White case sekali seperti belang banget pokoknya. Aku ngerasa gitu kira kira selama 30 menit. Ku pakai sebelum berangkat ngampus, dan sampai kampus rasanya udah biasa. Karna udara surabaya panas sekali, minyak alami wajah masih keluar. Efek putihnya ga nampak sama sekali. Namun selama 14 jam minyak tidak sebanyak hari kemarin.
HARI 2
Karna di awal pemakaian aku ngerasa zonk!!! Di hari kedua ku hentikan pemakaian, dan tidak terjadi apa apa di kulit. Kulit minyakan kayak biasa. ๐Ÿ˜”๐Ÿ˜”
HARI 3
Tertantang nyoba lagi karna penasaran. Hasilnya juga kayak bedakan, tapi ga separah di awal. 15 menit aja setelah itu kulit kayak normal lagi. Sampai 3 jam, setela h wudhu, minyakan lagi. Tapi ga separah kemarin.
HARI 4
Masih sabar. Sambil buka foto before after yg kemarin ternyata ada bedanya๐Ÿ˜๐Ÿ˜karna ada rencana untuk pergi jenguk temen dan pasti kena panas agak lama, sekarang giliran eksperimen di tangan. Di muka udah ga keliatan pakai bedak, lebih ke muka biasa, sampe aku pakai bedak lagi.  Tangan kiri ku pakein dan yg kanan engga. Setelah lima jam kena panas kota surabaya, tangan kanan aku gosong dong, tapi yg kiri engga. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ lanjut di rumah, sampai 10 jam udah minyakan.
HARI 5
Pakein aja, rasanya udah biasa. Cerah tapi alami. Gimana sih jelasinnya bingung wkwkk
Yg jelas gaada yg curiga aku pakai krim baruuu๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tapi celakanya, ku lupa bersihin pas mau tidur daaaaannnnn taraaaaaaaaaanunuu besokannya langsung bertengger satu butir jerawat gede di dagu. Sampe situ kapokkk, ku bertekad untuk membersihkan dengan double cleansing yang benar dan tepat jadual.
HARI 6
Bangun kesiiangaannn, alhasil cuma pakai fair&lovely tanpa sunscreen. Awalnya takut tapi setelah itu biasa. Cuman, waktu mau wudhu terus ngaca kulitku lebih gelap dari biasanya pas pakai sunscreen. Syedihhhh. Tapi faedahnya jadi tahu kalau kandungan produk ini melindungi kita dari sinar UV saja tanpa SPF
Hari 7
 Merasakan ada sensasi dingin ketika dipakai di kulit. Benar-benar nyaman.

REKOMENDASI

Dears, bila kamu ingin mencobanya boleh banget! Karna harganya yang sangat sesuai bisajadi membuat mu bahagia JJ Untuk kamu yang mau cobain, biasanya produk ini akan terlihat mulai membahagiakan di hari ke 3 atau ke 4 karena semakin hari white case semakin berkurang. Dan aku sarankan banget untuk tidak digunakan sesering mungkin. Hanya sekali sehari atau dua hari sekali sudah cukup untuk menimbulkan hasil yang membahagiakan. Sangaat hematt!! Bisa juga kamu gunakan untuk whitening-body lotion yang bakal lindungi kamu dari sinar uv.
Jangan lupa untuk melakukan double cleansing di sore hari untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa krim ini. Hal ini jadi sangat penting karena penumpukan kotoran, sisa krim, dan sel kulit mati akan memudahkan kulit menjadi iritasi dan menimbulkan efek yang kurang baik.
REPURCHASE
Sure!!! Karena ku butuh krim yang seperti ini. Hemat dan berkhasiat. Walaupun tidak termasuk dalam morning skincare routine, namun ku tetap membutuhkan formulasi ini untuk memperbaiki struktur kulit ku.

Comments